Artikel Web Design and Programming

Oke..ini mengenai Web design

Hal-hal yang mendukung saat ini buat belajar web :

- internet di kosan

yaa..jelas internet benar-benar dapat membuka wawasan segalanya,termasuk belajar web desain juga..lengkap deh..

-Mata kuliah pilihan

Kebetulan sekarang lagi ngambil mata kuliah pilihan Rekayasa Aplikasi Internet (RAI), membantu juga saya buat mengenal dunia pemrograman web lebih jauh. Soalnya dulu pas praktikum internet cuma belajar html dan CSS aja...sekarang akhirnya bisa juga mengenal html dan kawan-kawan,seperti php,dan javascript..



ya,RAI bisa dibilang salah satu mata kuliah kesukaan saya..soalnya,menurut saya dunia pemrograman web itu berkembang bisa sangat pesat sekali, sebab web merupakan sebuah konsumsi publik yang setiap hari selalu diakses oleh masyarakat. Selain itu teknik desain web juga sepertinya tidak sesulit pemrograman lain, asalkan kita mengerti dasar-dasar dari pemrograman web tersebut.

Ternyata,selidik punya selidik belajar mendesain web itu ada urutannya loh..
untuk pertama-tama,yang harus kita pelajari adalah:

HTML
ya..kenapa? jelas,ini wajib kita pelajari terlebih dahulu sebelum ke hal-hal yang lainnya..terus kok kenapa harus html dulu?

HTML (HyperText Markup Language) adalah sebuah kode-kode tag yang berisi instruksi bagi penjelajah web untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan. HTML merupakan fondasi dasar dari sebuah web. Yaa kalo diibaratin, HTML ini merupakan kerangka dari sebuah web. Pembentukan tabel-tabel serta isi-isi dasar seperti title,header,dan body dari sebuah web memang diaplikasikan dengan HTML ini. Oleh karena itu,wajib hukumnya bila kita mengetahui bahasa yang satu ini untuk bisa belajar web dengan baik.

Terus apalagi setelah HTML? oke,setelah isi dasar sebuah web dibuat kita melanjut ke tahap selanjutnya,yaitu:

CSS

Ya,setelah HTML dasarnya kita buat,tentunya kita ingin memberikan tampilan dan membuat format halaman web kita terlihat baik. CSS (Cascading Style Sheets) merupakan salah satu bahasa perograman web yang dapat mengatur tampilan dari web tersebut serta format-format komponen web seperti pengaturan ukuran teks, warna, ukuran gambar, dan style-style lainnya dalam web.

setelah HTML dan CSS,kita harus belajar apalagi? tentunya kita tidak ingin membuat web yang kita rancang menjadi sangat kaku,datar,dan tidak menarik. Kita dapat melakukan beberapa manuver keren untuk web rancangan kita menjadi sebuah web yang dinamis dengan menggunakan:

PHP

PHP (Hypertext Preprocessor) merupakan bahasa pemrograman web untuk buat web kita jadi dinamis. Banyak orang mengatakan, PHP ini sangat berguna untuk membangun sebuah web yang kompleks,namun tetap memiliki kecepatan yang tinggi. Saat ini juga PHP banyak sekali dipakai untuk konsep pemrograman berorientasi terhadap objek.

Selain PHP,kita juga bisa belajar:

Javascript

Javascript merupakan sebuah bahasa skrip yang sangat populer di kalangan dunia internet. Dengan menggunakan skrip, kita bisa membuat beberapa tampilan dan fitur web kita menjadi keren dan menarik, kaya facebook yang menggunakan AJAX, Javascript merupakan bahasa yang dipakai dalam AJAX.



Yaa..hal-hal diatas memang sangat menarik untuk dijelajah dan diperdalam, semoga saya diberikan kesempatan untuk belajar ilmu-ilmu pemrograman web tersebut dimana saja..Berani belajar itu baik..:)


Sumber referensi:
http://id.wikipedia.org


0 Response to "Artikel Web Design and Programming"

Posting Komentar